Direktur Utama PDAM Tirta Projoamansari Bantul, Arinto Hendro Budiantoro, telah memberikan penjelasan tentang unggahan viral tagihan air pelanggan yang mencapai Rp 2,5 juta. Menurutnya, pelanggan tersebut sudah datang ke kantor PDAM untuk menyelesaikan masalah ini. Warga Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami akumulasi tagihan dari bulan Juli hingga Agustus. Untungnya, PDAM memberikan diskon 50 persen dan memungkinkan pembayaran dalam 13 kali angsuran kepada pelanggan tersebut. Berdasarkan laporan yang diterima oleh wartawan pada Senin (28/9/2024), warganet ramai membahas unggahan mengenai tagihan air sebesar Rp 2,5 juta dari PDAM Bantul pada bulan Agustus tahun itu.
Menurut Arinto, pelanggan harus tetap membayar tagihan meskipun kesalahannya karena mereka bertanggung jawab atas kebocoran pipa pada instalasi meteran air yang terjadi pada September 2024. Petugas kami telah mengunjungi rumah pelanggan dan menemukan kebocoran di bawah keramik. Kami sudah melakukan prosedur yang diperlukan untuk menangani situasi ini.